Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Microsoft Excel 2007 | Tutorial Lengkap

Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Microsoft Excel 2007

Zona Internetku February 09, 2018

Panduan Lengkap Microsoft Excel 2007

Pengertian Dan Contoh Fungsi Untuk Penggunaan VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Microsoft Excel 2007 Dengan Lengkap

Baca jua postingan sebelumnya yang berjudulPenggunaan Rumus Logika IF Di Microsoft Excel 2007

1. Pengertian Fungsi VLOOKUP

VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu data dalam sel yang berurutan secara vertical atau tegak dengan menggunakan data tabel perbandingan sebagai sumber data yang akan digunakan.

Bentuk penulisan rumusnya adalah misalnya ini : =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])

Contoh penggunaan fungsi VLOOKUP:

Pengertian Fungsi VLOOKUP Di Microsoft Excel

Dan hasilnya akan menjadi misalnya ini

Hasil Pengertian Fungsi VLOOKUP Di Microsoft Excel

Pengertian :

Didalam gambar diatas menjelaskan bahwa buat mencari hasil lulusan sekolah yg bernama Amel maka bentuk rumusnya merupakan =VLOOKUP(C6;$G$8:$I$11;2)

Sel Kode

Sel C6 berfungsi sebagai penanda atau kode sel yg sama memakai data tabel perbandingan

Sel Kolom

Sel Range $G$8:$I$11 berfungsi sebagai loka untuk membaca suatu data holistik pada tabel yg masih ada pada sel aktif (area seleksi)

Sel Pencari (Pembaca)

Angka 2 bermanfaat menjadi landasan atau patokan untuk mencari data sinkron menggunakan angka urut secara vertikal

Lalu bagaimana buat data pada tabel kolom honor ?

Untuk mencarinya data pada tebel kolom honor kita bisa gunakan rumus =VLOOKUP(C6;$G$8:$I$11;3)

Secara sekilas penulisan rumusnya hampir misalnya, akan namun terdapat sebuah perbedaan yaitu pada penulisan nomor dalam akhir rumus. Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa bila kita menulis angka 2 maka hasilnya akan mencari data pada kolom nomor urut dua, bila bila kita menulis nomor 3 maka hasilnya akan mencari data pada kolom nomor urut tiga

Baca jua

Fungsi Referensi Relative Dan Absolute Di Microsoft Excel

Penggunaan Rumus Logika IF Di Microsoft Excel 2007

dua. Pengertian Fungsi HLOOKUP

HLOOKUP digunakan untuk membaca suatu data dalam sel yang berurutan secara horizontal atau mendatar  dengan menggunakan data tabel perbandingan sebagai sumber data.

Bentuk penulisan rumusnya merupakan seperti ini : =HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])

Contoh penggunaan fungsi HLOOKUP:

Hasil Pengertian Fungsi HLOOKUP Di Microsoft Excel

Pengertian :

Didalam gambar diatas menyebutkan bahwa buat mencari komponen komputer yg bernama Motherboard maka bentuk rumusnya merupakan =HLOOKUP(D9;$H$13:$K$14;dua)

Sel Kode

Sel D9 berfungsi sebagai penanda atau kode sel yang sama menggunakan data tabel perbandingan

Sel Kolom

Sel Range $H$13:$K$14 berfungsi sebagai loka buat membaca suatu data keseluruhan dalam tabel yg terdapat dalam sel aktif (area seleksi)

Sel Pencari (Pembaca)

Angka 2 bermanfaat menjadi landasan atau patokan buat mencari data sesuai dengan angka urut secara horizontal

Cukup sampai disini dulu tutorial Microsoft Excel mengenai Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP yg dapat saya sampaikan kepada kalian, jika ulasan ini sulit buat dipahami atau kalian kurang mengerti maka kalian juga mampu bertanya melalui kolom komentar yg ada dibawah postingan ini. Sampai jumpa di tutorial lainnya pada zona internetku

Baca jua tutorial selanjutnyaCara Mengambil Karakter Di Microsoft Excel 2007

Baca jua

Fungsi Referensi Relative Dan Absolute Di Microsoft Excel

Penggunaan Rumus Logika IF Di Microsoft Excel 2007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Aplikasi Pelindung Mata Untuk Mengurangi Dampak Dari Radiasi Layar HP | Tutorial Lengkap

Cara Mengubah Suasana Siang Menjadi Malam Di Photoshop | Tutorial Lengkap

5 Daftar Situs Yang Bisa Digunakan Untuk Belajar Memulai Bisnis | Tutorial Lengkap